Main Page

From AllNetwork Documentation Wiki
Jump to: navigation, search

UJI COBA IRCD charybdis-ANET



ANET.png

Bagi para pengguna (USER) setia IRC AllNetwork mungkin sebagian besar dari anda menyadari bahwa perangkat lunak (software) Internet Relay Chat Daemon (IRCD) kami Hybrid-ANET telah menunjukkan umur yang tidak muda lagi. Sementara kami yakin bahwa ekspektasi untuk fitur-fitur baru terhadap pelayanan kami sangat dibutuhkan user, Hybrid-ANET mempunyai banyak fitur-fitur yang tidak ditemukan pada IRCD lainnya, yang kebanyakan fitur tersebut menyesuaikan pada kebutuhan user pada saat IRCD Hybrid-ANET tersebut dibuat, jadi apapun perubahan/pemutakhiran yang akan dilakukan tentunya harus mengacu pada fitur-fitur IRCD Hybrid-ANET; dalam suatu paket yang lebih stabil, maintainable dan lebih mengarah pada pelayanan keamanan dan kenyamanan user.

IRCD Charybdis terlihat sebagai ide yang bagus untuk pemutakhiran IRCD AllNetwork, IRCD Charybdis mempunyai fungsi dan banyak fitur-fitur yang sama mirip dengan IRCD Hybrid-ANET dan dibuat berdasarkan IRCD Ratbox, yang mana sudah terbukti akan stabilitas dan skalabilitas nya. IRCD Ratbox dikenal sebagai IRCD yang digunakan pada EFNet IRC Network, dengan demikian IRCD Charybdis dapat disimpulkan untuk menjadi basis IRCD yang sangat baik untuk dilakukan pengembangkan lebih lanjut.

Namun, walaupun IRCD Ratbox ataupun IRCD Charybdis sudah mempunyai beberapa kesamaan perintah-perintah (commands) yang sama mirip dengan IRCD Hybrid-ANET diketahui ada beberapa fitur-fitur yang tidak terdapat pada dua IRCD tersebut, seperti dukungan untuk channel status HALFOP (+h (%)) serta dirasa perlu adanya penambahan status channel operator seperti dukungan untuk channel status ADMIN (+a (!)) dan OWNER (+y (~)), oleh sebab itu perlu adanya proses pengembangan lebih lanjut terhadap IRCD Charybdis.

Membahas tentang Charybdis-ANET, IRCD ini merupakan hasil pengembangan dari IRCD Charybdis namun lebih mendasar pada penambahan fitur-fitur yang berasal dari IRCD Hybrid-ANET serta demi menyesuaikan dengan kebutuhan dan pelayanan maka dilakukan penambahan banyak fitur-fitur channel mode serta user mode baru yang dapat digunakan oleh user AllNetwork, tentunya lebih mengacu pada kestabilan, ringan, tanpa bugs dan error pada software tersebut.

Pengembangan dan pengujian secara internal terhadap IRCD Charybdis-ANET telah berlangsung selama beberapa waktu ini, dan sekarang kami (AllNetwork) siap untuk membuka pengujian terhadap khalayak yang lebih luas. Jaringan uji saat ini berjalan pada host 208.185.92.62, port 6667 untuk koneksi normal atau port 6697 untuk jalur koneksi Secure Socket Layer (SSL), ini merupakan server khusus untuk pengembangan AllNetwork, tidak berhubungan langsung dengan perangkat lunak IRCD yang dijalankan pada jaringan utama AllNetwork saat ini, jadi dapat disimpulkan bahwa diperlukan pengujian pada semua fungsi perintah dari IRCD yang baru ini.

IRCD Charybdis-ANET dirancang untuk menyempurnakan pelayanan, kenyamanan dan keamanan user AllNetwork, namun bukan dalam artian sebagai pengganti IRCD Hybrid-ANET. Beberapa fungsi perintah masih tetap tersedia dalam bentuk format perintah yang berbeda. atau dengan antar-muka yang berbeda. Perbedaan yang paling terlihat bagi pengguna sebagian besar dirangkum dibawah ini:

IRCD Charybdis-ANET tersedia fitur Secure Socket Layer (SSL), pada IRCD Hybrid-ANET terdahulu hanya terbatas untuk koneksi SSL antar user kepada server, akan tetapi sekarang untuk IRCD Charybdis-ANET sudah mendukung inter-koneksi SSL antar server kepada server. User yang terhubung melalui SSL akan mendapatkan usermode (umode) +Z untuk menandakan bahwa user tersebut terkoneksi melalui jalur SSL.

Channel mode "Banned" (+b) sudah dipisahkan dengan channel mode "Quiet" (+q) dengan demikian operator channel dapat "membungkam" user pada channelnya dengan channel mode "Quiet". tanpa harus melakukan "Banned" (+b) terhadap user tersebut. Penambahan parameter hostmask berlaku untuk semua mode penjagaan channel seperti channel mode (+bqeI), parameter mode "penjagaan" ini ditambahkan dengan cara dimulai dengan karakter "$", dapat diikuti dengan karakter "~" sebagai penanda bahwa pola yang diikuti dengan karakter tersebut terlepas dari "penjagaan", dan tentunya dibatasi dengan pengharusan untuk menggunakan satu karakter yang akan digunakan sebagai parameter penjagaan channel. sebagai contoh:

Perintah Deskripsi
/quote MODE #NamaChannel +b $r:servo* akan memberlakukan penjagaan "Banned" pada setiap user yang menggunakan realname (gecos) dimulai dengan kata 'servo'.
/quote MODE #NamaChannel +I $a:vcx akan membebas joinkan user yang terlogin atas nick "vcx" walaupun channel mode "invite only" (+i) diberlakukan pada channel tersebut, dalam artian bahwa jika user tersebut itu menggunakan nick random dan selama nick random tersebut terlogin atas account "vcx" maka dia akan terbebas dari mode "invite only" pada channel tersebut.
/quote MODE #NamaChannel +q $~a akan "membungkam" semua user yang tidak terlogin pada services untuk mengirimkan pesan kepada channel tersebut.
Terkhusus untuk Status user yang teridentifikasi pada services sekarang tidak ada usermode +r. sistem pada IRCD Charybdis-ANET telah dapat menandai secara internal kepada semua user yang telah teridentifikasi pada NickServ (services). Hal ini dapat terlihat pada tanda "logged in to service as" dalam output WHOIS.

Dalam hal untuk identifikasi nick melalui services (NickServ) dengan menggunakan password masih sama seperti pada IRCD-Hybrid-ANET. Namun, ada beberapa mekanisme baru:

User sekarang dapat menggunakan nick apa saja untuk masuk ke dalam account nick tertentu. Hal ini menghapus persyaratan bahwa nick yang hendak melakukan login haru sama dengan nick account tersebut, sebagai contoh:

/msg NickServ IDENTIFY Account Password
/quote IDENTIFY Account Password
/quote ID Account Password

IRCD Charybdis-ANET mempunyai dukungan terhadap otentifikasi melalui jalur Simple Authentication Socket Layer (SASL) pada saat proses melakukan koneksi terhadap server. Fitur ini harus juga didukung oleh IRC Client, mIRC versi terbaru sudah mendukung terhadap fitur ini, sedangkan untuk Irssi IRC Client harus menambah module script yang dapat anda dapatkan disini.

selain fitur-fitur yang telah disebutkan diatas, masih banyak mode channel dan mode user lainnya yang akan di jelaskan pada halaman lain dari tulisan ini.

Arkham on 2017-05-22